Air WC pun Bisa Disulap Menjadi Air Minum


Air WC pun Bisa Disulap Menjadi Air Minum - Dr Haigh yang bekerja sama dengan para ilmuwan di Imperial College London dan Durham University membuat sebuah terobosan yang aneh. Sarah Haigh adalah seorang ahli dalam nanoteknologi yaitu ilmu yang memanipulasi atom dalam materi dan mengatakan mampu membuat air limbah dari toilet, menjadi air yang aman dan layak untuk diminum.
Inovasi unik dan aneh ini menarik perhatian Bill Gates, pemilik Microsoft, hingga akhirnya ia mendanai proyek ini dengan dana bantuan senilai £63,000 dari “Bill and Melinda Gates Foundation” dengan harapan, bahwa proyek ini akan mampu membantu kehidupan jutaan orang di dunia dalam upaya mencari air bersih.
Dr. Haigh percaya bahwa perangkat yang dibuatnya ini dapat menahan campuran bakteri dan logam kecil dalam ukuran nano-partikel yang bereaksi dengan air untuk kemudian mengekstrak unsur hidrogen yang berguna untuk kemudian akan disaring lagi dan menghasilkan air bersih.
Gagasan mereka untuk inovasi membuat air bersih hemat energy untuk perkembangan dunia ini mampu mengalahkan lebih dari 2.000 proposal lainnya.
Selain itu, Haigh cs akan menerima $1 juta dari Gates pada tahun depan, jika mereka dapat menunjukkan reaksi kimia yang mereka ajukan benar-benar dapat bekerja.
Para peneliti berencana, prototipe alat ini akan ditunjukkan ke publik pada tahun 2013.
“Teknologi ini akan sangat penting untuk lokasi terpencil seperti di negara berkembang dan akan memiliki manfaat tambahan untuk mengurangi polusi dan biaya yang lebih rendah dari pembuangan limbah,” kata Haigh. (dailymail.co.uk)

0 komentar:

Post a Comment